Bar latian TAEKWONDO

Bar latian TAEKWONDO
keringeten kabeh

PAMER

Laman

RESRESH

MUHAMMAD SYAIFUL MANAN

MENGUCAPKAN SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI BLOG SAYA JANGAN LUPA KOMENTAR DAN PESAN UNTUK SAYA

Kamis, 27 Mei 2010

metode Grafik

Penyelesaian dengan metode Grafik.

1.Perusahaan Indah Gelas memproduksi kaca untuk digunakan sebagai jendela dan pintu kaca. Perusahaan ini memiliki 3 buah pabrik yaitu pabrik-1 membuat bingkai aluminium, pabrik-2 membuat bingkai kayu, dan pabrik-3 memproduksi kaca dan merakit keseluruhan. Saat ini perusahaan mendapat pesanan dua macam produk baru, yaitu pintu kaca dengan bingkai aluminium (produk-1), dan jendela dengan bingkai kayu (produk-2).
Berapa banyak produk-1 dan produk-2 harus dibuat untuk memenuhi pesanan dan memperoleh keuntungan terbaik ? Selesaikan dengan metode grafik !
Data mengenai ketiga pabrik tersebut ada pada tabel dibawah ini :

Pabrik
Kapasitas yang digunakan
per unit produksi
Kapasitas yang dapat digunakan

Produk 1
Produk 2

1
1
0
4
2
0
2
12
3
3
2
18
Keuntungan per unit
3
5


2.PT Auto Indah memproduksi 2 jenis mobil, yaitu sedan dan truk. Untuk meningkatkan penjualan, perusahaan melakukan promosi dalam dua macam acara TV, yaitu pada acara hiburan dan acara olah raga. Promosi pada acara hiburan akan disaksikan oleh 7 juta pemirsa wanita dan 2 juta pemirsa pria. Promosi pada acara olah raga akan disaksikan oleh 2 juta pemirsa wanita dan 12 juta pemirsa pria. Biaya promosi pada acara hiburan adalah 5 juta rupiah / menit, sedangkan pada acara olah raga biayanya adalah 10 juta rupiah / menit. Jika perusahaan menginginkan promosinya disaksikan sedikitnya oleh 28 juta pemirsa wanita dan sedikitnya oleh 24 juta pemirsa pria, bagaimanakah strategi promosi itu sebaiknya. Selesaikan dengan metode grafik

3.PT. Asam Furniture memproduksi dua jenis mebel, yaitu model standar dan model delux yang dibuat melalui dua departemen, yaitu departemen konstruksi dan departemen finishing.
Produk standard memerlukan pemrosesan 3 jam di departemen konstruksi dan 2 jam di departemen finishing. Sedangkan produk delux memerlukan pemrosesan 3 jam di departemen konstruksi dan 3 jam di departemen finishing.


Dalam satu bulan total jam kerja departemen konstruksi 300 jam dan departemen finishing 240 jam. Setiap bulan permintaan pasar minimum 45 unit standar dan 20 unit delux, tetapi tidak lebih dari 80 unit standar dan 60 unit delux. Keuntungan model standar Rp. 500,- dan model delux Rp. 750,-
a.Formulasikan model program linier dari kasus diatas !
b.Berapa banyak produk model standar dan model delux yang harus diproduksi dalam suatu bulan agar diperoleh keuntungan maksimum ?

4.Selesaikan program linier berikut ini dengan metode grafis :
Maks Z = 5X1 + 1X2
Dengan kendala :
-X1 + 2X2 ≤ 25
X1 + 2X2 ≤ 20
5X1 + 3X2 ≤ 75
X1 dan X2 ≥ 0.

5.Suatu perusahaan memproduksi dua barang dengan kuantitas X1 dan X2. Ongkos produksinya dapat dinyatakan sebagai Z = 3X1 + 15X2.
Kendala-kendala yang ada adalah :
2X1 + X2 ≤ 8
7X1 + 5X2 ≥ 35
X1 dan X2 ≥ 0
Tentukan kuantitas yang optimal yang diproduksi agar ongkos produksinya minimum dengan metode grafis !

Tahapan penyelesaian dengan metode grafis :
1.Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menggambarkan semua kendala. Kemudian tentukan feasible area yang diliputi semua grafis kendala. Untuk memudahkan penentuan feasible area, disarankan supaya setiap grafis kendala diberi arah panah, jika kendala berbentuk lebih kecil sama dengan ( ≤ ), arah grafisnya menuju titik nol dan jika kendala berbentuk lebih besar sama dengan ( ≥ ), arah grafisnya menjauhi titik nol. Sedangkan kendala berbentuk sama dengan ( = ), daerah layaknya berada pada garis tersebut.
2.Daerah feasible dari programasi linier adalah set dari seluruh titik yang memenuhi seluruh pembatas, termasuk pembatas tanda.
3.Untuk persoalan maksimum, solusi optimum dari persoalan programa linier adalah suatu titik pada daerah feasible dengan fungsi tujuan terbesar. Pada persoalan minimum, solusi optimal adalah suatu titik pada daerah feasible dengan nilai fungsi tujuan terkecil.

 selamat belajar 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar